Simak Cara Melepas Aki Mobil dengan Benar.

Apakah Anda sedang mengalami masalah pada aki mobil Anda? Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melepas aki mobil untuk diperiksa atau diganti. Namun, bagi Anda yang masih awam, cara melepas aki mobil bisa jadi agak sulit. Untuk itu, kami akan memberikan panduan lengkap cara melepas aki mobil bagi pemula. Sebelum memulai proses melepas aki mobil, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa alat yang dibutuhkan, seperti obeng, kunci pas, atau kunci sok.

cara melepas aki mobil yang benar

Langkah-langkah Cara Melepas Aki Mobil

Berikut cara mudah melepas aki mobil yang benar, agar tidak beresiko bahaya pada diri dan mobil Anda:

  • Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan dalam posisi parkir. Jangan lupa untuk melepas kunci kontak agar mesin benar-benar tidak menyala.
  • Lepaskan penutup aki mobil dengan hati-hati. Ada beberapa model mobil yang penutupnya menggunakan klem atau sekrup. Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat agar tidak merusak penutup aki mobil.
  • Setelah penutup aki mobil terlepas, lepaskan kabel negatif terlebih dahulu. Kabel negatif biasanya berwarna hitam dan terhubung pada terminal aki dengan tanda (-).
  • Setelah kabel negatif terlepas, lepaskan kabel positif yang berwarna merah dan terhubung pada terminal aki dengan tanda (+).
  • Lepaskan baut atau klem yang mengikat aki mobil pada bracket atau tempatnya. Baut atau klem ini biasanya terletak di atas aki mobil. Pastikan Anda menggunakan kunci pas yang tepat agar tidak merusak baut atau klem tersebut.
  • Setelah semua kabel dan klem dilepas, angkat aki mobil secara perlahan-lahan dan dengan hati-hati. Pastikan aki mobil tidak terjatuh atau terkena benturan saat diangkat.

Tanda Aki Mobil Soak, Lemah atau Tekor.

Berikut adalah tanda-tanda aki mobil yang perlu diperhatikan

Tanda-Tanda Aki Mobil Soak:

Mesin mobil sulit dihidupkan atau tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Lampu mobil redup atau mati saat mesin menyala.

Bunyi klik-klik saat menekan tombol starter atau memutar kunci kontak.

Tanda-Tanda Aki Mobil Lemah:

Lampu mobil redup saat mesin menyala atau ketika dinyalakan bersamaan dengan perangkat lain seperti AC.

Suara mesin mobil menjadi cempreng dan tidak stabil saat mesin dihidupkan.

Aki mudah terkuras dan harus sering dicas.

Ciri-Ciri Aki Mobil Tekor:

Mesin mobil tidak bisa dihidupkan atau starter tidak berfungsi sama sekali.

Suara klik-klik saat menekan tombol starter atau memutar kunci kontak.

Lampu dan perangkat listrik lain di mobil mati atau tidak berfungsi.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya lakukan pengecekan aki dan melakukan penggantian jika diperlukan. Penting untuk selalu memperhatikan kondisi aki mobil agar mobil dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah di kemudian hari.

Baca juga:  Cara Memasang Aki Mobil Yang Benar

Bolehkah Melepas Aki Mobil Saat Mesin Hidup?

Tidak dianjurkan untuk melepas aki mobil saat mesin masih hidup karena bisa berisiko terkena sengatan listrik atau merusak komponen mobil. Pastikan untuk mematikan mesin mobil terlebih dahulu sebelum melakukan proses melepas aki.

Cara mengganti aki mobil?

Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti aki mobil secara singkat:

  • Matikan mesin mobil terlebih dahulu.
  • Lepaskan kabel negatif (hitam) aki terlebih dahulu.
  • Lepaskan kabel positif (merah) aki.
  • Lepaskan baut atau klem yang mengunci aki.
  • Keluarkan aki dari tempatnya.
  • Pasang aki yang baru ke dalam tempatnya.
  • Pasang kembali klem atau baut pengunci aki.
  • Pasang kabel positif (merah) aki terlebih dahulu, lalu pasang kabel negatif (hitam).
  • Pastikan kabel-kabel terpasang dengan kencang dan aman.
  • Nyalakan mesin mobil dan pastikan aki berfungsi dengan baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengganti aki mobil dengan benar dan aman. Pastikan selalu berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat melakukan penggantian aki mobil.

Frequently Asked Questions (FAQs)

Apakah harus melepas kedua kabel pada aki mobil?

Ya, untuk menghindari korsleting atau hubungan arus balik, Anda harus melepas kedua kabel pada aki mobil. Mulai dari kabel negatif terlebih dahulu, kemudian baru kabel positif.

Berapa lama proses melepas aki mobil?

Proses melepas aki mobil sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 10-15 menit, tergantung pada keahlian Anda.

Apa yang harus dilakukan setelah aki mobil dilepas?

Setelah aki mobil dilepas, Anda dapat membawanya ke bengkel untuk diperiksa atau diganti. Jangan lupa untuk membersihkan terminal aki mobil sebelum dipasang kembali.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara melepas aki mobil dengan benar dan aman. Meskipun terlihat sederhana, namun proses melepas aki mobil membutuhkan kehati-hatian agar tidak merusak aki atau komponen lainnya. Dalam melakukan proses melepas aki mobil, pastikan Anda selalu memperhatikan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jangan lupa untuk menggunakan alat yang tepat dan pastikan mesin mobil dalam keadaan mati. Selain itu, pastikan pula bahwa kabel negatif dilepas terlebih dahulu sebelum kabel positif. Setelah melepas aki mobil, jangan lupa untuk membersihkan terminal aki sebelum memasangnya kembali.

Semoga panduan lengkap cara melepas aki mobil ini dapat membantu Anda yang masih awam dalam mengatasi masalah pada aki mobil. Dengan melakukan proses melepas aki mobil yang benar, Anda akan terhindar dari risiko kerusakan atau bahaya lainnya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam melakukan proses melepas aki mobil.